Berita

Kasat Samapta Polres Lombok Barat Pimpin Tim Patroli Perintis Presisi dalam Mengantisipasi Potensi Gangguan Kamtibmas

39
×

Kasat Samapta Polres Lombok Barat Pimpin Tim Patroli Perintis Presisi dalam Mengantisipasi Potensi Gangguan Kamtibmas

Sebarkan artikel ini
Tim Patroli Perintis Presisi Polres Lombok Barat Mengamankan Situasi Kamtibmas di Wilayah Bajur

Lombok Barat, NTB – Tim Patroli Perintis Presisi dari Satuan Samapta Polres Lombok Barat melaksanakan kegiatan patrol, Dalam mencegah segala bentuk Potensi gangguan Kamtibmas, Kamis (6/7/2023).

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono mengtaakan kegiatan ini memfokuskan untuk mengantisipasi aksi 3C (curas, curat, curanmor) dan kejahatan lainnya.

“Dalam menekan potensi terjadinya aksi kejahatan serta mencegah adanya aksi balap liar di wilayah hukum Polres Lombok Barat,” ungkapnya.

Tim Patroli Perintis Presisi pertama kali mendatangi lokasi di Bajur, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat.

Menyasar Pada Jam-jam Rawan

Mereka menemukan sejumlah anak muda yang masih berkeliaran hingga larut malam, menjelang jam rawan aksi kejahatan.

Dalam upaya pencegahan, tim melakukan pemeriksaan terhadap bagasi sepeda motor pengendara yang melintas di jam rawan dan jalur yang rentan terjadinya tindak kejahatan.

“Meskipun tidak ditemukan barang bawaan yang membahayakan atau mencurigakan seperti senjata tajam dan narkoba, tim melakukan himbauan,” katanya.

Menghimbau agar para pemuda tersebut tidak berkeliaran hingga larut malam jika tidak ada kepentingan penting. Mereka juga menyarankan agar pulang ke rumah masing-masing demi menjaga terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah tersebut.

Selanjutnya, tim patroli menuju Telaga Waru, Kecamatan Labuapi. Di lokasi ini, mereka menemukan tiga orang pemuda yang berkeliaran di jam-jam rawan.

“Tim melakukan interogasi terhadap mereka dan mengetahui bahwa mereka sedang mencari botol plastik untuk menjualnya,” imbuhnya.

Tim kembali menghimbau agar para pemuda tersebut tidak beraktivitas hingga larut malam atau di jam-jam rawan. Menganjurkan mereka untuk pulang ke rumah masing-masing guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Terakhir, tim patroli mendatangi Banyumulek, Kecamatan Kediri. Di tempat ini, mereka menemukan seorang anak muda yang masih berkeliaran hingga larut malam, pada jam rawan aksi kejahatan.

Untuk Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat

Tim melakukan pemeriksaan dengan melakukan penggeledahan badan untuk mengantisipasi adanya barang bawaan yang membahayakan atau mencurigakan.

“Seperti senjata tajam dan narkoba. Namun, tidak ditemukan barang yang mencurigakan. Tim kembali menghimbau kepada anak muda tersebut untuk pulang ke rumah masing-masing guna menjaga keamanan dan mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

Dengan pelaksanaan kegiatan patroli ini, Tim Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Lombok Barat berupaya menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayahnya.

Menghimbau Masyarakat untuk tetap berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman dengan bekerja sama dengan kepolisian.

Dalam memberikan informasi yang berguna untuk memberantas tindak kejahatan. Melalui patroli rutin seperti ini, harapannya tingkat kejahatan dapat menekannya, sehingga masyarakat dapat merasa tenang dan terlindungi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.