Berita

Polsek Kediri Amankan Tradisi Adat Nyongkolan dengan Sukses di Desa Ombe Baru

29
×

Polsek Kediri Amankan Tradisi Adat Nyongkolan dengan Sukses di Desa Ombe Baru

Sebarkan artikel ini
Polsek Kediri Berhasil Amankan Tradisi Adat Nyongkolan dengan Sukses di Desa Ombe Baru

Kediri, Lombok Barat – Polsek Kediri, Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan kegiatan pengamanan tradisi adat Nyongkolan berjalan dengan sukses, Sabtu (15/7/2023).

Kapolsek Kediri, Iptu Dina Rizkiana, S.Tr.K mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari perayaan adat yang dilakukan oleh Desa Ombe Baru, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

“Dalam kegiatan tersebut, situasi arus lalu lintas berjalan lancar tanpa adanya gangguan Kamtibmas lainnya,” ungkapnya.

Tradisi adat Nyongkolan melibatkan satu desa dari Dusun Ombe Rerot Timur menuju Dusun Ombe Dese Desa Ombe Baru.

Perjalanan ini melintasi Jalan Desa dengan iringan musik Gendang Beleq. Rombongan Nyongkolan terdiri dari sekitar 150 orang dengan estimasi jarak tempuh sekitar 1 kilometer.

“Kami menerapkan sistem buka-tutup arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan yang Panjang,” imbuhnya.

Kapolsek Kediri mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pengamanan.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan aman berkat kerjasama yang baik antara pihak kepolisian, masyarakat, dan pihak keluarga selaku penyelenggara.

“Pengamanan dilakukan guna memastikan kelancaran perjalanan rombongan Nyongkolan dan menjaga keamanan serta ketertiban selama acara berlangsung,” lugasnya.

Selama pengamanan, personel kepolisian juga melibatkan unsur Bhabinkamtibmas desa setempat untuk membangun sinergi dengan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

“Tidak terdapat laporan atau insiden kejahatan atau gangguan keamanan yang signifikan selama kegiatan berlangsung,” pungkasnya.

Pihak kepolisian memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Ombe Baru dan panitia adat atas kerjasama yang baik dalam menjaga keamanan selama Nyongkolan berlangsung.