Berita

Festival Budaya Bau Keke Sukses Meriahkan Pantai Serpiq di Lembar

27
×

Festival Budaya Bau Keke Sukses Meriahkan Pantai Serpiq di Lembar

Sebarkan artikel ini
Festival Budaya Bau Keke di Pantai Serpiq

Lembar, Lombok Barat – Polsek Lembar, melakukan pemantauan dan pengamanan Festival Budaya Bau Keke Sukses di Pantai Serpiq, Desa Lembar, Minggu (16/7/2023).

Festival Budaya Bau Keke, yang merupakan kegiatan tradisional mengambil kerang laut, berlangsung dengan sukses di Pantai Serpiq. Bertempat di Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Acara Festival Bau Keke memulainya dengan pertunjukan budaya gendang beleq sebagai tarian penyambutan. Berlanjut dengan pembukaan resmi oleh panitia dan laporan dari panitia.

Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah SE.M.Sc menyampaikan kesan pertama ketika tiba di lokasi pantai serpiq yang indah.

“Saya berharap bahwa kegiatan Festival Bau Keke ini dapat berkelanjutan dan menjadi tujuan wisata yang menarik baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara,” ungkapnya.

Gubernur juga mengumumkan rencana Pemerintah Provinsi NTB untuk mengadakan Fashion Show di lokasi tersebut sebelum tanggal 17 Agustus 2023.

Selanjutnya kegiatan utama yaitu Bau Keke, yaitu mengambil kerang laut oleh masyarakat Desa Lembar dan Gubernur NTB beserta tamu undangan menyaksiannya langsung.

Kerang laut yang berhasil ditangkap oleh masyarakat kemudian ditukar dengan kupon undian untuk doorprize.

Atraksi layang-layang dan pertunjukan seni budaya Presean juga turut memeriahkan acara.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi menyatakan dukungannya terhadap pengembangan Pantai Serpiq sebagai objek wisata.

Dinas Pariwisata akan menyumbangkan fasilitas umum, seperti MCK, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Dalam Acara Festival Budaya Bau Keke ini sendiri, mendapat pengamanan ketat dari personel Polsek Lembar, bersinergi dengan personel TNI.

“Secara umum, acara dengan lancar dan kondusif. Pengamanan dan monitoring kegiatan oleh Personil Polsek Lembar, Babinsa Desa Lembar,” ungkap Kapolsek Lembar, Iptu I Ketut Suriarta, SH.,M.I.Kom.