Berita

Hari ke 9 Ops Patuh Rinjani 2023 Polres Loteng, Pelanggar Masih Didominasi Pengendara Roda Dua

19
×

Hari ke 9 Ops Patuh Rinjani 2023 Polres Loteng, Pelanggar Masih Didominasi Pengendara Roda Dua

Sebarkan artikel ini

Lombok Tengah (NTB) – Tim Satgas Ops Patuh Rinjani 2023 Polres Lombok Tengah melaksanakan Operasi Patuh Rinjani kepada para Pengendara baik roda dua maupun roda empat yang melakukan pelanggaran tata tertib berlalu lintas di simpang 3 PLN Kab. Lombok Tengah, Selasa 18 juni 2023.

IPDA M. Alwan Jayadi, S.H., sekaligus Kasatgas Preventif menjelaskan “Hari ini hari ke 9 pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani dalam rangka penegakan tata tertib lalu lintas guna meminimalisir terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dapat mengakibatkan kerugian pada diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.”

Berdasarkan data yang diterima, pelanggaran masih didominasi oleh pelanggar yang tidak dilengkapi syarat berkendara seperti tidak menggunakan helm, yang mana ini salah satu sasaran dalam Operasi Patuh Rinjani 2023 sebagai upaya penertiban bagi seluruh pengendara khususnya Roda dua.

“Penggunaan Helm standar SNI masih yang paling dominan dari penindakan yang dilakukan petugas. Tilang terpaksa diberikan untuk memberi efek jera kepada masyarakat serta sebagai kompensasi bagi pengendara yang melanggar tata tertib seperti yang tercantum dalam UU Lalu lintas,”jelas Alwan.

Operasi serupa akan terus dilaksanakan hingga 23 Juli 2023 mendatang. Pada operasi tersebut disamping penindakan juga yang utama dilakukan oleh petugas Satgas Operasi Patuh Rinjani 2023 adalah Sosialisasi, Himbauan dan edukasi kepada masyarakat.

“Kami berharap masyarakat agar mari mematuhi tata tertib berkendaraan demi keselamatan kita bersama,”tutup Alwan.