Berita

Kapolres Lotim Hadiri Zikir Dan Do’a Tutup Tahun Dan Awal Tahun Di Masjid Attaqwa Pancor

17
×

Kapolres Lotim Hadiri Zikir Dan Do’a Tutup Tahun Dan Awal Tahun Di Masjid Attaqwa Pancor

Sebarkan artikel ini

Lombok Timur – Kapolres Lombok Timur AKBP HERY INDRA CAHYONO S.H., S.I.K., M.H hadiri kegiatan zikir dan do’a tutup tahun 1444 H serta awal tahun 1 Muharram 1445 H tingkat Kabupaten Lotim tahun 2023.  Selasa 17.50 wita, bertempat di Masjid At – Taqwa Pancor

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Bupati Lotim Drs. H.M. Sukiman Azmy, M.M., Kapolres Lotim AKBP Hery Indra Cahyono, S.I.K., M.H., Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, beberapa tokoh agama, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lotim, serta sekitar 250 jamaah yang turut hadir.

Sebelum acara inti dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan pra-acara kegiatan yang meliputi zikir dan do’a tutup tahun serta awal tahun, diikuti dengan sholat maghrib berjamaah.

Setelah sholat maghrib, acara inti pun dimulai dengan pembukaan resmi oleh panitia. Kemudian, dilakukan pembacaan ayat suci Al-Qur’an sebagai pembukaan pengajian dan tausyiah yang akan disampaikan.

Dalam pengajian tersebut, TGH. Dr. Salimul Jihad, Lc, M.A menyampaikan hikmah tahun baru Islam. Beliau menjelaskan tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun ke-13 masa kenabian. Perjalanan yang melelahkan tersebut menjadi tonggak pertama dalam pembentukan peradaban umat Islam.

TGH. Dr. Salimul Jihad juga menyampaikan bahwa hijrah tersebut dijadikan patokan dalam menentukan awal tahun Islam oleh Umar bin Khattab. Selama 13 tahun Nabi Muhammad berdakwah di Makkah, namun situasi tidak memungkinkan untuk berkembangnya dakwah tersebut. Oleh karena itu, atas perintah Allah, Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, di mana terbentuklah peradaban Islam.

Beliau juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang menikmati nikmatnya Islam, dan sebagai umat Islam, salah satu misi kita adalah mempersatukan umat manusia, tanpa memandang latar belakang apapun.

Pada momentum tahun baru Islam ini, TGH. Dr. Salimul Jihad mengajak seluruh jamaah untuk mengambil ibrah dari peristiwa hijrah tersebut, yaitu pentingnya keimanan kepada Allah dan melakukan perjalanan hidup dengan penuh rencana dan strategi yang matang, serta memperbaiki diri dalam ibadah, akhlak, dan zikir.

Bupati Lotim Drs. H.M. Sukiman Azmy, M.M. juga memberikan sambutannya dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan pentingnya memperbaiki aspek-aspek kehidupan seiring dengan datangnya tahun baru Islam. Menurut beliau, kita perlu memperbaiki sholat, makanan yang halal, berbagai bentuk sedekah, akhlak yang baik, serta meningkatkan zikir.

Bupati Lotim juga mengingatkan tentang permasalahan narkoba dan miras di Kabupaten Lotim. Beliau mengajak masyarakat untuk melaporkan jika mengetahui adanya penjualan miras kepada petugas yang berwenang. Beliau berharap dengan datangnya tahun baru Islam, Allah memberikan kemudahan dalam segala urusan.

Kegiatan zikir dan do’a tutup tahun dan awal tahun ini berlangsung dengan aman dan lancar. Setelah kegiatan tersebut selesai, jamaah melanjutkan dengan melaksanakan sholat Isya berjamaah. Semoga kegiatan ini dapat memberikan berkah dan menjadi momen yang membawa kesuksesan dan kebaikan bagi Kabupaten Lotim di tahun yang akan datang.