Berita

Personil Polsek Labuapi Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Dua Lokasi

30
×

Personil Polsek Labuapi Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Dua Lokasi

Sebarkan artikel ini
Personil Polsek Labuapi Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Dua Lokasi

Labuapi, Lombok Barat – Personel Polsek Labuapi melaksanakan Pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas dalam Tradisi Adat Nyongkolan di wilayah hukum Polsek Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (19/7/2023).

Personil Polsek Labuapi aktif terlibat dalam menjaga keamanan dan kelancaran jalannya acara Tradisi Adat Nyongkolan tersebut.

Kapolsek Labuapi, Iptu M. Baejuli, mengungkapkan bahwa pengamanan tradisi nyongkolan kali ini dilakukan di dua lokasi yang berbeda.

“Pertama, di seputaran Dusun Kuranji Bangsal, Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi. Tradisi Nyongkolan dimulai dari simpang tiga pintu masuk Pantai Kuranji Bangsal, menuju ke arah barat dengan berjalan kaki sekitar 500 meter melalui akses jalan kampong,” ungkapnya.

Selama perjalanan, peserta disertai alunan musik Kecimol, dan estimasi peserta penyongkol mencapai sekitar 200 orang. Acara kemudian berakhir di Dusun Kuranji Bangsal, Desa Kuranji Dalang.

“Kedua, di Desa Kediri Induk, Kecamatan Kediri. Tradisi Nyongkolan dimulai dari depan Pasar Karang Bongkot, menuju ke arah selatan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter melalui akses jalan kampong,” jelasnya.

Peserta disertai musik Gendang Beliq, dan perkiraan jumlah peserta penyongkol juga sekitar 200 orang. Acara berakhir di BTN BHP Karang Bongkot, Desa Karang Bongkot, Kecamatan Labuapi.

Dalam pengamanan ini, personil Polsek Labuapi berhasil menciptakan suasana aman dan tertib. Kegiatan Tradisi Adat Nyongkolan dapat berlangsung dengan lancar berkat koordinasi yang baik antara pihak kepolisian, panitia acara, dan warga setempat.