Berita

Sistem Lapor 1 x 24 Jam Dioptimalkan

35
×

Sistem Lapor 1 x 24 Jam Dioptimalkan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, NTB (20/7) – Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PC NU), Kota Bima, menyorot soal tidak berjalannya sistem lapor 1 x 24 jam di masing-masing lingkungan. Padahal ini bisa menjadi langkah preventif dalam mewujudkan situasi kamtibmas.

Pengurus PCNU Kota Bima, Ustazd Musthofa Umar menyampaikan, untuk mencegah berbagai tindak kejahatan baik peredaran narkoba, pencurian dan lainnya, maka masing-masing RT/RW harus aktif. Saat ini tidak bisa lagi mengharapkan orang lain yang masuk dalam lingkungan melapor ke RT/RW.

Apalagi, kata Musthofa Umar, disejumlah lingkungan yang selama ini rawan, tidak ada pengawasan serius, minimal oleh penanggungjawab lingkungan, seperti Ketua RT. Jika ini dioptimalkan, maka diyakininya situasi kamtibmas di Kota Bima relatif aman.

Terpisah, Kasi Humas Polres Bima Kota, IPTU Jufrin Rama menyampakan, Kapolres sudah merintahkan Binmas untuk berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan untuk mengaktifkan sistem lapor 1 x 24 jam tersebut. RT/RW juga diminta untuk lebih pro aktif, sehingga situasi lingkungan aman.

Apalagi saat ini banyak kejadian kriminal yang terjadi, sehingga peran serta masyarakat sangat penting. Baik itu warga maupun Ketua RT/RW di wilayah Polres Bima Kota.