Berita

Tindakan Humanis Personel Sat Samapta Polres Lobar, Tunjukkan Kepedulian dalam Penanganan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

26
×

Tindakan Humanis Personel Sat Samapta Polres Lobar, Tunjukkan Kepedulian dalam Penanganan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Personel Sat Samapta Polres Lobar Juga Beri Pertolongan pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Lombok Barat – Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya Teguh Ibrahim, Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (22/7/2023). Kecelakaan tersebut melibatkan seorang pengendara sepeda motor yang mengalami Out Control (OC) karena oli yang tumpah di sepanjang jalan.

Beruntung, personel Satuan Sabhara Polres Lombok Barat (Lobar) yang sedang melakukan patroli rutin di wilayah tersebut langsung mengetahui dan memberikan penanganan awal di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP). Mereka dengan sigap memberikan pertolongan kepada korban yang mengalami luka ringan akibat kecelakaan tersebut.

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono, mengatakan bahwa tugas patroli rutin tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Lobar. Namun, tugas patroli kali ini membawa mereka ke lokasi peristiwa ini.

“Kami langsung melibatkan diri dalam penanganan awal di TKP. Kami memberikan bantuan pertama kepada korban dan kemudian membawa korban ke Puskesmas Kediri untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ujar Sony.

Sony menambahkan, personel juga melakukan tindakan preventif dengan menutup ceceran oli menggunakan tanah di lokasi kecelakaan. Selanjutnya, mereka melakukan koordinasi dengan Unit Gakkum Sat Lantas Polres Lombok Barat untuk penanganan lebih lanjut terkait kecelakaan ini.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengetahui penyebab oli tumpah di jalan raya. Kami mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” tutur Sony.

Sementara itu, Kepala Polres Lombok Barat, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, S.H., S.I.K., M.A.P., menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas tindakan cepat dan profesional Jajarannya. Ia berharap masyarakat juga dapat lebih berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama di jalan raya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada personel Sat Samapta Polres Lobar yang telah memberikan penanganan awal dan pertolongan pada korban kecelakaan lalu lintas. Kami juga mengucapkan turut prihatin kepada keluarga korban yang mengalami kerugian materiil akibat insiden ini,” kata Bagus.

Bagus mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dalam hal penegakan hukum dan penanganan kecelakaan lalu lintas. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan raya.

“Kami akan terus melakukan patroli rutin dan pengawasan lalu lintas di wilayah hukum Polres Lobar. Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan helm, sabuk pengaman, dan surat-surat kendaraan yang lengkap saat berkendara. Mari kita ciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan tertib,” pungkas Bagus.